Beri Hape, Bupati Tegal Umi Azizah Kenalkan E-PKH Kepada Para Pendamping

oleh

Uri.co.id, SLAWI – Bupati Tegal Umi Azizah membagikan hape kepada 231 pendamping Program Keluarga Harapan (PKH) di Kabupaten Tegal.

Pembagian gawai pintar ini dimaksudkan untuk menunjang kerja pendamping PKH serta mendukung pelaksanaan berbasis elektronik atau e-PKH di Kabupaten Tegal.

“Perangkat gawai pintar ini untuk memastikan tidak ada keluarga miskin yang tertinggal dalam mengakses manfaat program dengan memutakhirkan data penerima manfaat melalui e-PKH secara online, kapanpun dan dimanapun,” jelas Umi di aula Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Tegal, Sabtu (25/5/2019) sore.

Program e-PKH merupakan terobosan baru dalam kegiatan PKH guna memverifikasi data sasaran, verifikasi Basis Data Terpadu, pengecekan komponen KPM PKH, Family Development Session (FDS), pemandirian, pendampingan, dan jaringan dengan OPD terkait.

Menurut Umi, sinergitas program seperti inilah yang diperlukan dimana kerja kolaboratif menjadi faktor kunci untuk mencapai efektivitas program penanggulangan kemiskinan yang tepat sasaran.

Untuk itu, Umi menitip pesan kepada seluruh pendamping PKH untuk merawat serta menjaga fasilitas yang telah diberikan guna menunjang aktivitas selama bekerja.

“Gunakan untuk keperluan yang menunjang kerja, jangan lupa selalu isi kuota internet. Jangan sampai ada alasan kehabisan kuota untuk mengakses e-PKH,” pesannya.

Kepala Dinsos Kabupaten Tegal, Nurhayati menyampaikan, aplikasi e-PKH merupakan layanan baru yang direncanakan sebagai pengembangan dari SIM-PKH.

Pasalnya, SIM-PKH dinilai sudah tidak lagi sesuai dengan kondisi kebijakan saat ini.

Aplikasi ini adalah layanan pegangan pendamping PKH yang memuat modul-modul operasional rutin pendamping.

“Yang dijalankan dengan smartphone berbasis android. Harapannya para pendamping PKH dapat memberikan data secara real time setiap saat,” ujar Nurhayati. (jateng/gum) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!