17 Perwakilan Ikuti Lomba Rampak Bedug di Halaman Masjid Agung Karanganyar

oleh

Uri.co.id, KARANGANYAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karanganyar berkolaborasi dengan Badan Amil Zakat Karanganyar (Baznas) Karanganyar menggelar Lomba Rampak Bedug pada malam takbiran, Selasa (4/6/2019) malam.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Karanganyar, Agam Bintoro mengatakan, kegiatan ini merupakan serangkaian acara untuk mengisi kegiatan di bulan Ramadan.

“Ini agenda tahunan. Sebagai wadah kreativitas bagi pemuda untuk mensyiarkan budaya dan agama Islam,” katanya, Selasa (4/6/2019) malam.

Agam mengatakan, peserta merupakan perwakilan dar 17 kecamatan yang ada di Karanganyar.

“Seleksi dimulai siang bakda zuhur. Sudah tampil semua. Selanjutnya, diambil enam kelompok dan diseleksi lagi seusai salat Isya. Setelah itu, diambil juara 1, 2, dan 3. Serta juara harapan 1, 2, dan 3. Mereka akan mendapatkan reward,” terangnya.

Peserta nomor urut 3 dari Desa Waru, Kecamatan Kebakramat, Tri Iswanto (29) mengatakan, tahun ini merupakan tahun keenam dia ikut lomba Rampak Bedug.

“Tahun lalu medapatkan juara 1. Tahun ini optimistis dapat mempertahankan juara 1,” terangnya.

Malam itu, Tri membawakan konsep musik Jawa dan Arab serta variasi tari Saman dari Aceh, juga tarian dari Papua.

“Tantangan terberat yakni waktu latihan. Persiapan hanya sepekan sehabis salat tarawih, dari pukul 22.00-24.00. Apalagi, setiap keikutsertaan harus membawa konsep yang baru,” tuturnya.

Lewat event seperti ini, ia berharap, anak muda di Karanganyar lebih berkereasi serta menghidupkan seni dan budaya. “Supaya Indonesia lebih berbudaya,” paparnya.

Sementara itu, Bupati Karanganyar Juliyatmono mengatakan, kegiatan Ramadan tahun ini terasa semarak. “Agenda ini sebagai ukhuwah islamiyah. Semoga, warga tambah guyub dan rukun,” terangnya. (ais) ()

Komentar


Jadilah orang pertama yang memberikan komentar!